Tips Menghilangkan 'Morning Sickness' saat Hamil


Morning sickness, pusing dan mual-mual sering dialami oleh ibu hamil. Rasanya sangat tidak menyenangkan dan terkadang menjengkelkan. Adakah yang bisa menghilangkan morning sickness tersebut?

Kehamilan adalah masa yang sangat membahagiakan, di dalam tubuh Anda ada benih yang tumbuh dan akan menjadi sosok menggemaskan, buah cinta Anda dan suami tercinta. Tetapi di satu sisi ada hal yang tidak membuat Anda bahagia. Apakah itu?

Morning sickness, pusing dan mual-mual yang dialami oleh ibu hamil, mulai dari bulan pertama sampai bulan keempat. Namun tidak memungkiri ada ibu hamil yang dapat menderita morning sickness selama masa kehamilannya. Walaupun menjengkelkan dan tidak nyaman, namun morning sickness ini tidak akan menyakiti bayi Anda kok. Hanya saja, terkadang mual yang terlalu berlebihan akan membuat Anda muntah. Dan jika keadaan ini berlanjut, pada umumnya ibu akan kehilangan sedikit berat badan.

Bagaimana menghilangkannya?

1. Konsumsi vitamin B6 secara rutin

Dilansir dalam Medline Plus Medical Encyclopedia, vitamin B6 dapat meringankan morning sickness yang dialami ibu hamil. Adapun vitamin B6 dapat Anda temukan di dalam makanan gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian dan suplemen. Untuk pengonsumsian suplemen, sebaiknya Anda konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter pribadi Anda.

2. Teh jahe hangat

Seduh teh hangat setiap pagi hari dan rendam 1 cm jahe yang sudah dipipihkan di dalamnya. Nikmati selagi hangat sehingga perut Anda terasa lebih nyaman dan rasa mualnya berkurang.

3. Minyak lavender dan lemon

Oleskan minyak aromatherapy lavender atau lemon di pergelangan tangan Anda dan hirup jika Anda mulai merasa mual. Lavender akan membantu menenangkan Anda dan membuat Anda rileks. Sedangkan lemon membuat Anda lebih segar dan mengurangi rasa mual.[break]

4. Cukup tidur

Terkadang tidak mudah untuk tidur, tetapi usahakan untuk tidur lebih awal sehingga jam istirihat Anda lebih panjang. Mandi dengan air garam hangat agar rasa lelah dan pegal-pegal pada tubuh hilang.

5. Sereal dan malkist

Dua snack tersebut adalah pertolongan pertama bagi Anda di pagi hari jika Anda merasa mual. Sebelum menyantap makanan pagi, Anda bisa membuka sarapan Anda dengan sereal atau malkist agar tidak terlalu mual.

6. Sering Makan

Jangan makan dalam porsi banyak sekaligus, namun bagi menjadi beberapa porsi dan nikmati setiap 2 jam sekali. Ini akan membuat perut Anda lebih nyaman.

7. Hindari makanan berbumbu dan digoreng

Kedua jenis makanan itu hanya akan membuat Anda semakin pusing dan mual.

8. Jangan terburu bangkit dari tempat tidur, namun biarkan diri Anda bangun sepenuhnya dan menghirup udara segar dari jendela. Barulah kemudian Anda bisa bangkit dan bangun dari tempat tidur.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda, Mama :)

Terkait :