Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengejan


Pada saat menjalani persalinan normal, mengejan adalah salah satu proses alamiah saat mendorong bayi keluar. Pada saat proses mengejan perlu dilakukan dengan baik dan benar agar kekuatan bunda tidak sia-sia. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mengejan :

Menutup Mata
Lebih baik membuka mata dan arahkan pandangan ke arah perut. Menutup mata saat mengejan akan membuat tekanan pada mata yang menyebabkan mata menjadi merah dan baru hilang beberapa hari kemudian.

Mengangkat panggul
Hal ini bisa membuat robekan perineum lebih lebar sehingga anda akan lebih banyak menerima jahitan.

Berteriak
Banyak bunda yang berteriak untuk melepaskan rasa sakit yang begitu hebat saat proses melahirkan. Namun hal ini tidak bagus karena selain menguras tenaga juga membuat tenggorokan kering, batuk, serak dan suasana menjadi panik. Lebih baik pusatkan tenaga untuk mengejan.

Mengejan sebelum ada instruksi dokter atau bidan
Lakukan pernafasan panting (pendek-pendek dan cepat)  sebelum pembukaan lengkap dan ada instruksi dokter. sembarangan mengejan, selain membuang tenaga percuma, mengejan tidak teratur juga menyebabkan jalan lahir bengkak.

Menahan Mengejan
Terkadang Bunda menahan mengejan karena takut feses ikut keluar dari anus. Untuk itu kosongkan usus 24 jam sebelum proses persalinan.

Bernafas serabutan
Pelajari teknis bernafas menghadapi persalinan karena dengan teknik pernafasan yang benar akan menjadi sumber tenaga saat mengejan dan mengurangi rasa sakit.

Terkait :