Amankah Memangku Bayi di Pesawat ?


Mungkin Anda berpikir bayi akan aman dalam pelukan dan pangkuan Anda, namun yang terjadi bisa sebaliknya. 

Hal seperti berikut merupakan suatu dilema: Apakah saya harus membayar tempat duduk di pesawat untuk bayi saya atau tidak? Beberapa ibu mungkin akan lebih memilih untuk mengeluarkan uang lebih dan tak khawatir karena bayinya duduk dengan aman dalam car seat jika terjadi kecelakaan saat mendarat. Beberapa ibu lainnya mengatakan resiko yang kecil tidak sebanding dengan biaya atau ongkos yang dikeluarkan.

Dalam suatu forum, di mana National Transportation Safety Board (NTSB) mendiskusikan rekomendasi mereka bahwa seharusnya bayi berumur di bawah 2 tahun tidak duduk di pangkuan ibunya. Peraturan memang tidak mengharuskan bayi mendapat tempat duduk sendiri di dalam pesawat, namun dari segi keamanan bayi yang dipangku ibunya lebih aman jika terjadi kecelakaan pesawat. Mereka menyertakan beberapa kasus di mana seorang bayi dapat terselamatkan karena duduk di kursi mereka sendiri-sedangkan mereka yang tidak, mengalami luka serius atau bahkan meninggal dunia.

Apakah hal seperti ini membuat Anda, para ibu menjadi takut dan was-was? The Federal Aviation Adminitration (FAA), yang mendapat laporan resmi mendetail dari NTSB, mengatakan setelah mereka mengetahui bahwa akan lebih aman bagi bayi untuk duduk di kursinya sendiri, mereka belum akan merubah peraturan yang ada untuk mengharuskan bayi memiliki tiket sendiri. Mereka mengatakan, merubah peraturan membuat orang tua yang tidak memiliki banyak uang demi membayar tempat duduk untuk sang bayi akan memilih naik mobil saja daripada pesawat sedangkan perjalanan darat sebenarnya lebih tidak aman dibandingkan dengan perjalanan udara.

Terkait :