Tips Memilih Nama Bayi


Apalah arti sebuah nama, demikian kata beberapa orang. Bagaimana dengan ibu? Apakah nama begitu berarti?

Tentu saja nama sangat penting dan berarti. Jika tidak demikian, maka seseorang tak perlu marah jika namanya dicemarkan, dicoreng, atau dilecehkan bukan? Kenyataannya banyak dari kita yang keberatan bila orang bermain-main dengan nama kita.

Saat menyambut kelahiran baru, ada banyak hal yang biasanya membuat calon orang tua kelabakan. Mulai dari persiapan kebutuhan bayi, persiapan hari H persalinan, hingga memilih nama yang terbaik untuk buah hati.

Para ahli bayi dan kaum sosiolog, serta para guru percaya bahwa nama seseorang berdampak pada kepribadian dan kemampuannya dalam membawa diri.

Jika hingga kini ibu belum juga menentukan nama, padahal perut sudah makin membesar, maka kami membagikan beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan sebuah nama bagi buah hati.

Unik

Akhir-akhir ini muncul tren pemberian nama unik untuk buah hati. Bisa dengan nama baru yang belum familiar sebelumnya, atau nama lama dengan pelafalan berbeda. Tujuannya hanyalah agar nama buah hati bisa tampil beda daripada yang lain. Coba bayangkan berapa banyak Michael, Michelle, atau Danny di dunia ini (atau di dalam kelasnya saat sekolah nanti).

Sesuaikah?

Jika Anda sudah memilih sebuah nama, maka coba sebutkan nama tersebut berulang kali dan simak bagaimana kedengarannya? Apakah aneh, lucu, atau sebaliknya, bagus? Apakah nama tersebut nantinya bisa memicu olokan? Misalnya: Matthew yang mudah diplesetkan jadi Mamat.

Inisial

Meski hal ini tak terlalu penting, namun tak ada salahnya Anda mempertimbangkannya. Pikirkan bahwa inisial S berarti nomor urut jauh di bawah C (dalam kelas di sekolah nantinya). Dan itu berarti, saat mengambil raport, Anda harus menunggu giliran yang cukup lama bila guru memanggil sesuai urutan abjad.

Arti

Terakhir namun tak kalah penting, pastinya ibu ingin agar nama anak mencerminkan bagaimana kepribadiannya kelak. Nama yang baik, maka kepribadian diharapkan baik pula bukan? Coba cari arti nama anak di buku-buku atau web di internet.

Akhir kata, jangan lupa mendiskusikannya dengan pasangan tentang nama lengkap dan nama panggilan anak.

Terkait :