Vinafluor untuk Gigi si Kecil


Ingat betapa hebohnya Anda ketika melihat ujung gigi susu pertama si kecil muncul? Lalu, gigi gerahamnya, dan selanjutnya. Seiring dengan tumbuhnya gigi dan kebiasaan makan si kecil, maka gigi sering keropos, bahkan kehitaman. Sehingga membuat Anda bertanya perlukah vinaflour untuk pertumbuhan?

Saat membawa si kecil ke dokter biasanya diberikan vitamin tambahan bernama vinafluor yang berfungsi untuk melindungi gigi agar kuat.

Lantas terbesit dalam pikiran pertanyaan-pertanyaan, selain untuk melindungi agar gigi kuat, apa fungsi dan tujuan diberikan vitamin vinafluor? Apakah vitamin vinafluor bisa dikonsumsi untuk jangka panjang? Apakah ada efek sampingnya?

Untuk menjawabnya, DR Tri Erri Astoeti, drg., Mkes dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti memberikan pemaparannya.

Vinafluor berisi natriumfluorida. Semua garam mineral ini diperlukan oleh gigi agar mendapatkan kekuatan dan kekerasan yang maksimal. Vinaflour biasanya berbentuk tablet, tidak pahit dan rasanya hambar. Dosis yang dianjurkan adalah seminggu sekali satu tablet. Namun pemberian vitamin vinafluor tidak terlalu dibutuhkan selama gigi anak berada dalam perawatan yang cukup baik.

Kecuali ada masalah pada gigi, seperti keropos misalnya atau gizi anak kurang bagus. Sebaiknya vinafluor diberikan jika benar-benar gigi si kecil terbukti keropos. Gigi keropos pada anak bisa disebabkan karena kurangnya si ibu mengonsumsi kalsium saat hamil.

Alangkah lebih baik jika Moms mengetahui terlebih dulu apakah asupan fluor si kecil yang didapat dari makanan dan minuman sudah cukup atau belum? Karena apabila fluor berlebihan akan menimbulkan masalah.

Fluor Berlebih Sebabkan Fluorosis

Vinafluor berfungsi untuk menguatkan gigi dan agar gigi tetap putih. Jika si kecil mengonsumsi vinafluor harus lebih ekstra dalam merawat gigi anak. Sebab jika fluor dalam tubuh berlebih justru akan merusak email gigi, yang dikenal sebagai fluorosis.

Yaitu suatu kondisi di mana pemberian fluorida yang berlebihan pada saat anak-anak sehingga email bukannya bertambah kuat namun justru timbul bercak-bercak (gigi tampak berwarna kecoklatan, bukan rapuh tetapi tetap kuat). Pada kondisi ringan, email berbercak-bercak putih keruh, namun pada kondisi parah akan tampak ceruk-ceruk (lubang) pada gigi karena pembentukan email terganggu oleh overdosis fluoride.

Rawat Gigi dengan Baik

Perawatan terbaik untuk gigi anak adalah dengan menyikat gigi setiap sehabis makan dan menjelang tidur. Sebaiknya tanamkan kebiasaan sikat gigi sejak dini agar gigi si kecil sehat dan bagus.

Terkait :