Cara Tepat Menggendong Bayi


Menggendong bayi, tampaknya mudah saja, ya? Tapi, bagi orangtua yang baru saja mendapat bayi pertama, menggendong si kecil mungkin agak membingungkan, terutama karena melihat bayi yang begitu kecil dan rapuh. Tangan mana dulu yang sebaiknya menyentuh si kecil? Bagian mana dari tubuhnya yang perlu disangga? Kapan Anda dapat mengangkatnya?

Jangan khawatir! Ikuti saja cara-cara berikut ini agar Anda mahir menggendong si buah hati.

- ketika bayi Anda terlentang di atas tempat tidur, sisipkan telapak tangan kiri di punggung dan bokongnya. Kemudian, sisipkan telapak tangan kanan Anda ke belakang leher dan kepalanya.

- angkat si kecil secara perlahan. Pastikan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik, sehingga dan kepalanya tidak akan berputar karena sudah disangga oleh tangan kanan Anda.

- dengan hati-hati, pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan Anda. Dalam keadaan ini, bayi akan merasa nyaman karena kepala, leher dan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik.

- untuk memeluk bayi dan menyandarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan yang lebih bebas (tidak menyangga leher dan kepala), lalu pindahkan posisi bayi menyandar ke bahu. Sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan di bokongnya. Jaga kepala dan lehernya yang masih lemah dengan telapak tangan yang lain.

Terkait :