Pro-kontra Seputar Pemotongan Tali Pusar


Pro-kontra seputar pemotongan tali pusar 'sesegera mungkin' tiba-tiba mencuat ke permukaan... 

Para dokter dan bidan harus belajar menunggu beberapa menit sebelum memotong tali pusar bayi setelah ia lahir. Sebab menunggu 3 menit bisa memberi kesempatan darah mengalir ke tubuh bayi dan mengurangi resiko kekurangan zat besi atau anemia pada bayi baru lahir. Anjuran ini diungkapkan pihak WHO dan International Federation of Gynaecology and Obstetrics.

Namun karena pihak NICE (National Institute for Health and Clinical Excellence) masih berpikir pemotongan tali pusar sesegera mungkin adalah yang terbaik, maka banyak dokter di Inggris masih merasa segan untuk menerapkan kebijakan baru tersebut.

Dr David Hutchen selaku pensiunan dokter kandungan berpendapat," memotong tali pusar dengan segera sudah menjadi tahap proses bersalin yang normal, sehingga permintaan menunda selama 3 menit ini merupakan hal baru yang tak mudah diterima begitu saja. Kecuali pihak NICE menyuarakan hal yang sama, maka perubahan ini mungkin terjadi dalam waktu semalam."

Juru bicara NICE sendiri mengatakan pihaknya akan mengadakan review panduan seputar hal ini sesegera mungkin. Yah, kita tunggu saja hasilnya.

Terkait :